Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Polres Langsa Gelar Indekts Tata Kelola Online Polri Tahun 2021

Rabu, 12 Mei 2021 | Mei 12, 2021 WIB Last Updated 2021-05-11T22:55:18Z


Tribratanewslangsa. Com-Langsa, Polres Langsa melakukan survey indeks tata kelola kepolisian  melalui bagian perencanaan menggelar Indeks Tata Kelola Online (ITK-O) Polri yang disampaikan tim peneliti lokal dari Universitas Samudera Langsa, Zaki ulya bertempat di aula Mapolres setempat pada Selasa 11 Mei 2021.


Kegiatan ITK-O ini dibuka Kapolres Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro SH SIK MH melalui Kabag-Ren Polres Langsa AKP Anwar dengan peserta yang hadir dari berbagai instansi pemerintahan, akademisi, media massa, serikat buruh, organisasi kepemudaan, mahasiswa dan tokoh agama/ masyarakat/ adat.


Dalam sambutannya, Anwar menyampaikan Indeks Tata Kelola Online merupakan instrusmen untuk mengukur kinerja dan capaian program reformasi birokrasi Polri. 


Bahkan ITK dapat juga menjadi landasan dalam pengambilan kebijakan berdasarkan bukti dan alat perbandingan kinerja yang objektif, adil dan akurat.


Maka dari itu, di akhir kegiatan ini nantinya akan ada pengisian kuesioner yang bisa di akses menggunakan Handphone android melalui geogle dan diharapkan kepada peserta responden untuk benar-benar di isi sesuai fakta yang diketahui, terang Anwar di akhir sambutannya.


Zaki ulya selaku ketua tim peneliti lokal dari Universitas Samudera Langsa dalam materinya menjelaskan Indeks Tata Kelola Kepolisian adalah instrument pengukuran kinerja Polri dengan menggunakan tujuh prinsip tata kelola yang baik bersifat objektif dan komprehensif sebagai tolak ukur kemajuan yang di capai.


Tujuh prinsip yang dimaksud di antaranya kompetensi, responsif, keadilan, perilaku, transparansi, efektifivas dan akuntabilitas, Dimana tujuan kegiatan ITK ini untuk mengukur, mengevaluasi kinerja tata kelola dan pelayanan publik Kepolisian, sebagai persiapan Polres Langsa menuju zona Integritas serta rekomendasi kebijakan Polres Langsa ke depannya, terang Zaki.


Zaki menyebutkan, fungsi utama Kepolisian dalam sebuah pengukuran kinerja Polres juga dinilai berdasarkan tiga fungsi utama yakni memelihara keamanan dan ketertiban (Harkamtibmas), penegakkan hukum (Gakum) dan perlindungan pengayoman masyarakat (Linyomyan).


Untuk isu strategis yang di angkat dalam ITK ini menyangkut resposifitas kepemimpinan, E-Governmnet, profesionalisme, kerawanan perilaku koruptif serta kerawanan penggunaan kekerasan, pungkas Zaki yang juga merupakan dosen di Universitas Samudera Langsa.


Penulis : Agus

Editor.   : Sugiono

Publish : Hendra

×
Berita Terbaru Update