Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kapolsek Birem Bayeun Bersama Personil dan TNI Padamkan Lahan Terbakar di Jambo Labu

Jumat, 12 Maret 2021 | Maret 12, 2021 WIB Last Updated 2021-03-12T03:06:31Z


Tribratanewslangsa.com - Langsa
, Tim gabungan Polsek Birem Bayeun Polres Langsa dan Koramil Birem Bayeun Kodim 0104/Atim, Kamis (11/3/2021) siang memadamkan api di lahan warga Gampong Jambo Labu, Kecamatan Birem, Aceh Timur.


Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro, SH, SIK, MH, melalui Kapolsek Birem Bayeun, Iptu Eko Hadianto,SE,MH mengatakan, titik api Kebakaran laham di Gamoong Jambo Labi ini berhasil diketahui berdasarkan pengecekan aplikasi Hotspot Lancang Kuning.


"Melalui aplikasi itu terdeteksi 1 titik api di Gampong Jambo Labu. Selanjutnya kita langsung bergerak ke lokasi melakukan pemadaman," ujar Iptu Eko.


Kapolsek Birem Bayeun menambahkan, untuk menuju Gampong Jambo Labu wilayah pedalaman Aceh Timur ini, petugas harus menggunakan kendaraan roda dua selama 2 jam dari Polsek Birem Bayeun.


Lalu, dari permukiman warga Gampong Jambo Labu untuk menuju lokasi kebakaran (lahan warga) itu harus dijangkau dengan berjalan kaki selama 1 jam.


Sebelum ke lokasi, pihaknya berkoordinasi dengan Koramil 11/BRB untuk bergerak bersama ke lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).


"Lalu di Gampong Jambo Labu, kita koordinasi dengan Keuchik Jambo Labu, Sujiadi, guna mendeteksi titik karhutla," paparnya.


Timpal Iptu Eko, lokasi karhutla akhirnya diketahui berada di Dusun Sido Golek Gampong Jambo Labu.


Pemadamanan lahan terbakar ini dilakukan personil Polsek Birem Bayeun dan Koramil Birem Bayeun dibantu masyarakat.


Namun, pemadaman api terpaksa dilakukan dengan menggunakan alat tradisional yaitu alat pemukul api yang terbuat dari kayu dan seng, karena di lokasi tidak ada sumber air yang cukup.


"Api tersebut baru bisa dipadamkan pada pukul 12.30 WIB. Penyelidikan di lapangan bahwa didapat informasi lahan yang terbakar merupakan lahan milik warga," jelasnya.


Kapolsek Birem Bayeun mengimbaun kepada maayarakat tidak melakukan pembakaran jika ada membuka lahan, karena api berpotensi meluas dan membakar hutan lainnya.


"Bagi pelaku pembakaran hutan ada sanksi pidana dan denda," imbuhnya.


Penulis : Hendra

Editor  : Sugiono

Publish : Agus

×
Berita Terbaru Update