Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bhabinkamtibmas Polsek Manyak Payed Sosialisasi Karhutlah

Minggu, 10 Januari 2021 | Januari 10, 2021 WIB Last Updated 2021-01-10T08:05:46Z


TribratanewsLangsa.com – Langsa, Brigadir Rahmad Bhabinkamtibmas Polsek Manyak Payed Polres Langsa Polda melakukan sosialisasi tentang Karhutla (kebakaran hutan & lahan) kepada masyarakat. Bertempat di Desa Meurandeh Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang Minggu (10/01/2021). Pukul 10.30 WIB.


  Kegiatan tersebut di lakukan bertujuan agar masyarakat tidak sembarangan melakukan pembakaran terhadap hutan karena dapat mengakibatkan rusaknya kehidupan ekosistim baik Hewan dan Tumbuh Tumbuhan.


  pembakaran terhadap hutan dapat juga  mangakibatkan korban terhadap manusia seperti kebakaran rumah serta kebakaran terhadap Manusia itu sendiri. Selain dari pada itu Asap yang di timbulkan akibat kebakaran hutan tersebut dapat mengakibatkan pencemaran terhadap udara dan dapat membuat pernapasan kita terganggu.


   Saat memberikan himbauan Bhabinkamtibmas.Brigadir Rahmad menjelaskan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran terhadap hutan dan lahan karena dapat berdampak buruk terhadap lingkungan,sekaligus Menghimbau agar selalu menjalani prokol Kesehatan dengan 3 M.Yaitu 1.Memakai Masker.2.Mencuci Tangan Dengan Memakai Sabun.3.Menjaga Jarak.


   Kapolsek Manyak Payed iptu Lilik Harwanto.Sh Melalui Bhabinkamtibmas Bripka Rahmad menjelaskan Untuk DI sampaikan Kepada masyarakat, jika membuka lahan perkebunan, agar tidak dengan cara membakar dan apabila terbukti perbuatan tersebut di lakukan akan di kenakan sanksi pidana sesuai perundang – undangan yang berlaku yakni yang telah di sebutkan dalam :


1. UUD No 41 tahun 1999 tentang kehutanan, yakni Pasal 78 ayat 3 dan pasal 78 ayat 4.    2. UUD No 18 tahun 2004 tentang perkebunan yakni dalam pasal 08 ayat 01.   3. UUD No 32 tahun 2009 Tentang perlindungan dan pengelolahan lingkungan hidup yang di jelaskan dalam pasal 108.

Jika terbukti melakukan pelanggaran terhadap UUD tersebut Pelaku dapat dipidana dipidanan penjara selama 15 tahun dan denda 15 milyar.Tutur Kapolsek Manyak Payed.


Penulis    : Masdar

Editor       : Sugiono

Publish    : Agus

×
Berita Terbaru Update