Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bhabinkamtibmas Polsek Langsa Timur Bersama Warga Gampong Tangguh Aceh Budidaya Ikan Lele Dalam Ember

Jumat, 17 Juli 2020 | Juli 17, 2020 WIB Last Updated 2020-07-17T02:56:05Z
Tribratanewslangsa.com - Langsa
, Bhabinkamtibmas Polsek Langsa Timur Polres Langsa Polda Aceh, Bripka Edi Raharjo melestarikan budidaya ikan lele di dalam ember bersama warga Gampong Tangguh Aceh,Gampong Buket Meutia,Kecamatan Langsa Timur, Pemko Langsa, Kamis (16/07/2020).

Menurut Edi Raharjo, upaya bersama ini dilakukan guna menjaga ketahanan pangan selama pandemi Covid-19 khususnya diwilayah Polsek Langsa Timur. 

“Keterbatasan lahan bukan berarti hambatan untuk memelihara ikan air tawar,
kali ini kita melakukan pembibitan ikan lele sebanyak 4 ember, setiap embernya ada sebanyak 60 ekor bibit ” jelasnya.

Lebih lanjut, Bripka Edi Raharjo menjelaskan, dengan teknik budidaya ikan dalam ember(Bukamber), warga tidak memerlukan lahan yang luas untuk bisa membudidayakan ikan.

“Apa yang kita praktekan ini sebenarnya tujuan mendorong warga pada masing-masing tempat tinggal agar dapat membudidayakan ikan meskipun tidak memiliki lahan yang luas,” terangnya.

Pria yang dengan sapaan Edi itu menyatakan, teknik yang dipakainya ini mengadopsi cara aquaponik dalam skala kecil.

Jadi selain membudidayakan ikan, warga juga dapat menanam sayuran jenis kangkung dalam ember tersebut.

“Untuk panennya kurang lebih memakan waktu sekitar 2,5 hingga 3,5 bulan per embernya,” tuturnya.

Ditempat terpisah Kapolres Langsa AKBP Giyarto,S.H,SIK, melalui Kapolsek Langsa Timur AKP Suparwanto SH MH, mengatakan, ini merupakan salah satu bentuk implementasi ketahanan pangan kepada masyarakat.

“Kami sangat mendukung personil yang mau berpikiran positif dan bergerak untuk hal yang baik, apa lagi ini sebuah ide yang bagus secara sinergi untuk menjaga ketahanan pangan selama pandemi Covid-19 saat ini,” tuturnya.

Diakhir Kapolsek Langsa Timur menghimbau kepada masyarakat agar tetap mentaati protokol kesehatan dengan tetap memakai masker,jaga jarak,cuci tangan pakai sabun,memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru,"tutup AKP Suparwanto SH MH.

Penulis : Edi Raharjo 
Editor   : Sugiono 
Publish : Agus
×
Berita Terbaru Update